Sabtu, 16 Juni 2012

resensi novel "cinta itu 5 huruf" part 1


cinta Itu 5 huruf
CINTA wohoo cinta bersemi disekolah itulah yang biasa terjadi sama remaja remaja dari dulu sampe sekarang. Gue jadi inget pertama kali gue ketemu sama cinta pertama gue waktu sd terus ketemu sama jodoh gue waktu SMP ketemu kecengan beberapa kali ngungkapin isi hati tapi di tolak gara-gara dia gak boleh sama mamahnya pacaran pernah selingkuh sampai diputusin pacar. sampai akhirnya gue dapetin cowo yang special di hati gue pas SMA xixi.
Suatu ketika gue SD……….
gue suka sama temen sd gue gara-gara dia itu babyface banget terus bikin orang pengen nyubit pipinya xixi. Gue sempet berfikir
“emangnya dia mau sama gue”.
Sampai akhirnya waktu kelas 5 sd dulu gue ditakdirin duduk sebangku sama dia, gimana gue gak seneng banget coba? Duduk sebangku sama yang kita keceng (emang kenek ya? Main keceng-keceng aja xixi) Sejak itulah gue sempet ngejar-ngejar dia garagara dia itu tampan,lucu,imut,mukanya yang buat gue sampe-sampe kesemsem banget. Sampai waktu kelas 6 sd cinta gue tertunda gara-gara dianya suka sama orang lain yaah patah hati gue. Dia suka sama temen gue fathya, tapi gue gak pernah nyerah tetep semangat buat dapetin cintanya tapi mungkin gue bukan jodoh dia kali ya! Gue gak pernah jadian mulu sama dia… sampai akhirnya kelulusan SD tiba tetep aja gue gak dapet, ternyata apa yang gue katakana bener “gue gakan pernah dapetin dia” dan akhirnya gue nyerah.  Yah namanya juga cinta monyet.
Sampai satu ketika gue masuk SMP gue coba bangkit dari keterpurukan yang buat gue gagal dapetin dia. Gue coba cari orang yang menurut gue bias lupain dia eh hamper lupa gue ngenalin identitas si dia, nih identitasnya
Identitas dia

Nama                     : Rangga Aji pramesti
Nama Panggilan: angga
Lahir                      : Bandung, 16 maret 1996
Tuh, identitasnya xoxo. Sampai gue masuk SMP dulu gue di MOS iyaaa… di MOS dulu. Waktu di MOS gue sempet suka sama kaka kelas yah.. biasalah pastinya suka sama kaka kelas. Gue suka sama kaka yang namanya dimas. Dia itu sempet ngingetin gue sama orang itu sama angga huhu… gue jadi mikir bisa gak yaa gue dapetin kaka itu yaaa semoga aja dapet. Gue waktu mos dulu sempet deket sama temen gue namanya fira cantik iya lucu? Hmm.. masih lucuan gue kali ya.. (timpuk pake sandal). Berharap gue satu kelas sama si fira soalnya kita udah soulmate banget sama dia haha, ajibeh bahasanya.. ternyata takdir tak dapat di pungkiri gue sekelas sama fira tapi dianya duduk sebangku sama janet, sedangkan gue duduk sama uli, uli uli cilembu (ubiiiiiiiii woy ubi itumah, oh iya maaf). Ternyata uli orangnya asyik asoooy geboy bangetlah. Gue seneng duduk sama uli. Tapi gue dulu sempet suka sama toni anak kelas 7D hehe, kaka kelas yang gue keceng tetep dihati dong, masih ngarep malahan. Gue minta janet buat temenin gue buat ketemu anak yang namanya Toni soalnya cuman dia yang deket sama anak 7D. Gue sempet nanya gini ke janet:
“janet temenin gue dong buat ngeliat yang namanya toni”, kata gue terus
janet bilang
“HAH??? Lo suka sama Toni yang anak 7D itu? Serius lo? Ga salah dengerkan gue?”
terus gue jawab aja yang singkat
“iye janet”.
Terus yang gue aneh kenapa janet malah ketawa gara-gara gue suka sama toni terus gue nanya lagi sama dia
 “emangnya kenapa sih sama toni? Tonikan lucu namanya aja T-O-N-I !!”
terus janet jawab lempeng
“haha lo ngeliat dia dari apanya? Toni jelek gitu”,
dalem hati gue bilang gini
“kalau lo bukan temen gue udah gue masukin ke kandang buaya deh”
Terus gue jawab
“ih janet, mau nemenin kaggak lo?”
terus janet jawab
“iye iye kemon lah kemon”
Akhirnya dengan perdebatan yang cukup panjang akhirnya janet mau nemenin gue ketemu toni. Toniii alepyuuu lah. Pas bunyi lonceng istirahat janet ngajak gue ke 7D katanya dia mau ngambil tugasnya entahlah tugas apa, dengan semangat gue bilang dengan keras “IKUTTTTTT”. Sepanjang jalan menuju 7D gue berdoa semoga hasil yang gue ngeceng dia itu gak nihil hihi. Tak terkira dan tak terbayangkan ternyata T-O-N-I buat aku ngeFLY ya Allah. Gue gak berhenti mandangin dia, dia diem dideket meja guru sambil ngetawain temennya yang lagi salto, kayanya expresi muka gue pas bengong liatin dia kaya orang idiot yang lagi ngeces liatin toni ketawa gede banget  pas disitu xoxo.. tapi ada badai yang mengganggu (baca: Janet). Janet ngeganggu banget gue lagi ngebayangin jadian sama si toni dia malah ngagetin gue
“hey bengong aja lo liatin toni yah lo cieeeeeee marni” kata janet,
terus gue bilang gini
“iyalah siapa lagi ah loe mah ganggu gue banget”
janet malah teriak teriak kaya orang utan ke kelas si toni
“TONI ADA YANG SUKA SAMA LO NIH”
Reflex gue langsung nyubit janet sekenceng kencengnya kaya gue nyubit ular cobra yang udah matok mangsanya!!. Tiba-tiba  toni datang dan bilang
“ada apa net? Siapa yang suka?”
janet megang tangan gue sekenceng kencengnya dan janet jawab pertanyaan toni “nih orangnya”, disitu gue Cuman bias senyum kecil dan tiba-tiba pipi gue merah janet dengan songongnya malah cieeeeeeee cieeeeeeean disitu. Terus toni cuman senyum kecil dan dia bilang
“HAY”
ke gue ?? betapa senengnya gue di say “HAY” sama kecengan waktu smp.
2 minggu udah berlalu dari kejadian itu gue sempet jadian sama toni yah… cuman berawal dari kata “TONI ADA YANG SUKA SAMA LO” dari mulut  embernya janet gue jadian deh sama toni. Tapi… hubungan gue gak berlangsung lama, gue cuman jadian sama toni selama 5 bulan doang.

Akhirnya gue single sampai kelas 2. Pas kelas 2 deket lagi si uli xoxo. Meskipun gue sama si uli beda kelas tapi gue tetep deket sama si uli. Waktu itu kita main dilapang sekolah terus ada seorang cowo yang ikutikutan gitu namanya Hendra yah lumayan orangnya

kata uli,
“oh iya kenalin nih hendra temen sekelas gue”.
akhirnya gue kenalan deh sama si hendra hendra itu… dan hati gue yang masih single gini nempatin hendra dinama kecengan ke 5 setelah jaka haha. Setelah 10 hari dari perkenalan itu gue sempet PDKT sama dia xixi, dan uli bilang sama gue
“heh lo PDKT sama si hendra? Cieeeeeeee cepet-cepet jadian deh ya”,
gue cuman bisa senyum manis. 2 hari kemudian gue jadian sama hendra gue inget banget waktu itu tanggal 7 bulan oktober tahun 2009. Hasil PDKT selama 12 hari berbuah manis hihi gue jadian sama hendra masa masa pacaran gue sama hendra menyenangkan tiap malem telpon telponan sama dia tiap pagi di ucapin “good morning sayang” trus  setiap kita telpon-telponan selalu debat gara gara rebutan siapa duluan yang tutup telpon. Tapi disaat umur pacaran gue nginjek 1 tahun 3bulan sama dia kita ngalamin banyak konflik yah gue selingkuhlah terus gue dapet karma dia juga selingkuh. Mungkin dia bukan jodoh gue. Gue sempet putus asa lagi smapai akhirnya gue kelas 3 smp dia mutusin gue… gue sempet bilang sama dia
“kenapa? Ada yang lain?”
dia jawab secara buat gue sakkit hati
 “gue bosen sama lo”.
 Ya disitu gue cuman bisa nangis nangis nangis dan nangis sampai akhirnya 3 bulan moveon, dia kembali gimana gue gak seneng coba, akhirnya gue nerima ajakan balikan dia. Sampai suatu ketika uli nelpon ke gue:  
 “Heh lo balikan sama hendra?”.
Gue jawab
“iya kenapa li?”
 uli jawab
 “lo tuh idiot udah disakitin sama cowo brengsek kaya gitu lo tetep aja mau sama dia apa lo gak kasian sama hati lo yang dulu pernah di gantungin selama 2 bulan dia, trus dia tiba tiba datang, disaat lo udah moveon apasih yang ada difikiran lo? Sampe lo deket lagi sama dia ?”
gue jawab
“li gue tuh sayang sama dia meskipun gue sukses moveon dari dia tapi hati kecil gue tetep sayang sama dia li, lo harus tau gimana perasaan gue li”
uli jawab 
“sekarang lo denger gue lo jangan asal terima dia ke hidup lo, jangan mau dianggep cewe murahan sama dia lo harus jual mahal didepan dia lo ngertikan apa yang gue omongin?”
gue jawab
 “gue ngerti li”
tuutttttuuuuuuuuuuuutt telpon ditutup sama uli secara tiba-tiba. Akhirnya gue ngejalanin apa yang diperintahin sama uli “JUAL MAHAL” didepan dia. Sampai suatu ketika gue nerima dia lagi karena dia baik saat gue sok jual mahal didepan dia. Gue jadian lagi. Sampai gue jadian lagi kenapa dia malah nyakitin gue dia malah suka sama adek kelas, hati gue sakit kaya 100 piring pecaah (gila lebay banget). Uli nge sms gue
gue dulu pernah bilang kan kalau hendra itu gak pantes buat lo,kenapa lo masih jadian aja sama dia hasilnya ginikan lo nangis tiap malem nelponin dia, trus sama dia reject? Apasih yang lo harepin lagi dari dia? Apa mar apa?dia itu cuman cowo yang gak punya hati jangan diharepin terus kalau dianya cuman jadiin kamu boneka hatinya yang kapan aja bisa dibuang mending gak usah.“
Gue nge-Reply sms dia :
            gimana lagi li gue sayang sama dia meskipun dia suka marah-marah gajelas sama gue,  tapi gue itu sayanng bannnget sama dia li, sewaktu gue lagi sok jual mahal didepan dia gue ngerasa nyaman bannget dideket dia, dan sampai akhirnya gue nerima dia lagi gausah apa li?”.
Dia nge-reply lagi :
            gue ngerti apa yang lo maksud ter tapi gue juga kasian liat lo yang suka nangis kalau lo nginget dia! Sekarang lo harus bangkit lo harus berani putusin dia oke? Dan gak usah di harepin lagi cowo PHP dipacarin!!HAHA kaya gak ada yang lain aja, cowo tuh banyak, kalau cowo didunia ini cuman ada 1 dan dia doang baru lo harepin.”
 Kata-kata uli itu sangat membangkitkan semangat gue, kembali semangat 45.
Dan sampai pada saat ulang tahun gue, gue ngedapetin surprise dari temen-temen 9F gue yang superrrrrrrr duper buat gue bahagia . Dan gue dapetin ucapan ulang tahun dari bokap gue :
            Happy Brithday my super girl. Semoga ditahun ini kamu dapetin pacar yang baik dan selalu nyangin kamu, terus kamu bisa jadi anak yang pinter baik dan disenangi banyak orang, papah sayang kamu J happy birthday sayang”.
Gue sangat seneng tapi yang gue aneh kenapa bokap ngomong gitu tapi y ague seneng banget deh … sampai malam tiba, gue dapet sms dari hendra:
happy birthday my lovely. Mungkin ini terakhir aku ucapin sayang kekamu maaf aku gak bisa ngelanjutin  hubungan ini dan maaf juga aku putusin kamu disaat ulang tahun kamu aku gak tau harus putusin kamu kapan mungkin ini saat yang tepat buat putusin kamu. Maafin hendra. Happy Brithday marni
Gue cuman bisa bengong dan gue akhirnya nangis gak percaya natap sms itu dan akhirnya gue gak nge-reply message dari dia…… kita pacaran selama 1 tahun 5 bulan…..
Setelah move on dari hendra gue havefun aja meskipun hati gue beneran sakit sama dia. Sampai suatu ketika gue pacaran sama temen sekelas gue.. gak berlangsung lama cuman beberapa bulan gue pacaran sama dia xixi.
Pas kelas 3 smp itu juga gue ngeberaniin nembak cowo yang gue suka dia temennya hendra namanya farhan. Beberapa hari gue smsan sama dia, trus dianya gak nembak-nembak gue akhirnya gue nembak dia dengan nge message kaya gini :
han gue tuh sebenernya suka sama lo gak tau kenapa gue suka sama lo,  dan gue harap lo ngerasain hal yang sama kaya gue. lo mau gak jadi pacar gue ?
Gue nge send tuh pesan dengan rasa gak percaya gue nembak cowo. Dan beberapa saat kemudian gue dapet reply dari sms gue yang tadi gue send dan isinya ga percaya banget.
maafin gue mar gue bukannya gak mau tapi gue gak boleh pacaran dulu dama mamah aku, aku gak mau ngecewain mamah aku. Karena aku sayang sama mamah aku
Ajibeh gile disitu gue bukannya pengen nangis apa patah hati yang ada gue malah pengen ketawa banget banget banget haha. Masa-masa waktu gue SMP mungkin gak indah tapi menurut gue itu adalah film terbaik yang pernah gue jalanin.
Gue lulus dari SMP gue sekarang gue sekolah di tingkat SMA gue masuk negeri lah haha. Saat itu gue masih single, sampai akhirnya gue ngeceng kaka kelas lagi (?) yah sempet putus asa sih gak akan dapetin dia. Pertama kali gue suka sama dia pas dia marahin gue garagara gue salah nyimpen foto dia marahin gue kaya gini:
            “Kamu tau kiri apa kanan ga?  Nyimpen foto sampe salah gitu”
Terus gue cuman bisa bengong dan jawab dengan kepala nunduk ,
            “maaf kang, aku salah”
Sampai suatu pertengahan MOS dimulai si kaka yang gue keceng itu datang dan nyodorin doubletip ke gue dan dia bilang
            “nih benerin dulu fotonya takutnya kamu dimarahin akang teteh yang lain”
Sambil gue ngebenerin foto nametag gue, dia ngeliatin gue terus entah kenapa pipi gue tiba-tiba merah. Gue pengen liat dia tapi rasanya berat buat liat mukanya.  
Pas mau hari ke-2 di MOS gue harus bikin surat cinta tradisi kalau orang di MOS harus buat surat cinta dan malemnya ….. pas gue inisiatif bikin surat cinta yang isinya gombal abis  isinya kaya gini :
Dear akang…

Kau adalah penyemangat aku…
Tau samudera gak?......... Ituloh rasa sayang aku ke akang luas pisan…Maaf kalau saya agak lancang ke akang Tau gak sih kang…..Pertama kali aku liat akang hati aku deg-deggan  loh kang…Jantung aku tak berhenti berdetak…Ada desir-desir  aneh di hati aku kang…..Ada debar-debar yang menggelora di sanubari aku…..Aku gak tau apa itu namanya…. Mungkin itu CINTA? tapi mana aku tau….Tapi apapun namanya akang aku sayang sama akang hihihhiih…


Setelah gue nulis surat cinta yang isinya gombal dan lebai banget-banget!! Pas keesokan harinya pas hari dimana surat cinta harus dikumpulin gue sempet ragu karena kenapa?  Kenapa surat cinta gue harus diambil sama kaka yang gue keceng peliiiisss ya Tuhan that’s make me shy.  Sampai dimana gue gak mau ngasihin surat cinta ke ketua kelompok gue dan ke si kaka yang gue suka itu temen gue yang dari kelompok 5 si adit (waktu itu gue kelompok 4), malah bilang gini:
“ akang sebenernya itu surat buat akang tapi dia malu ngasihinnya”
Oh my god kenapa dia malah bilang gitu sampai akhirnya si akangnya bilang gini:
            “ buat aku? Makasih yah (sambil senyum manis nyodorin tangan buat nagmbil surat) tapi beneran buat akang ini teh suratnya?”
Dan gue ngangguk nandain kalau emang iya itu suratnya buat dia . dan pipi gue berubah jadi merah banget garagara itu surat cinta. Sorenya pas gue pulang kerumah gue dapetin message yang buat gue gak percaya kaka kelas yang gue suka nge sms gue awalnya gue gak tau itu siapa yang sms tapi liat nih isi messagenya :
askum.. J
Gue gak ngejawab dia ngesms yang sama ke gue sampe 3 kali dan nelpon gue akhirnya gue angkat tapi dia gak jawab disaat yang kaya gitu tuh gue lagi gak punya pulsa sial, pas malemnya gue jawab smsnya :
            maaf ini siapa?, tadi siang aku lagi gak punya pulsa jadi gak aku bales
Dan di reply lagi :
            Ini sama akang yang tadi siang dapet surat cinta dari kamu
Gue cuman bisa jingkrak-jingkrak dikamar dan senyum senyum sendiri akhirnya gue bales lagi :
            oh…. Akang ridwan, hehe jadi malu. Akang tau nomer aku dari mana?”
Reply lagi sama dia:
            dapet dari biodata yang waktu itu kamu tulis
Di reply lagi sama gue:
            ohehe, dari situ ya kaa… ada  apa ka sms?” (padahal gue seneng bangeeeeeeeet dan ngarep banget dia sms gue haha)
Di reply lagi sama dia :
            iya de… gada apa apa kok de hehe pengen sms aja… oh iya surat cintanya bagus de
Aku reply aja messagenya:
            hihihihihihihih jadi malu kaaa, makasih ka J
Dapet pujian dari kaka kelas yang gue suka, gue serasa dapet pencerah yang sangaaaat buat aku semangat masuk SMA itu xoxoxo.
Ke esokannya pas hari ke-3 gue di MOS yap hari terakhir gue diem di aula sekolah, gue yang rasanya penat pengen cepet-cepet bebas dari OSIS OSIS yang penuh acting xixi. Pas itu juga aku nyariin dia, akhirnya ada haha,  terus pas siangnya gue nyariin dia berharap gue bisa ngomong sama itu kaka . Gue nanyain sama salah satu kaka kelas yang pada saat itu gue kenal nanyain dia kemana. Ternyata dia udah pulang. Hati kecewa dan berharap bisa ketemu si kaka itu. MOS pun berakhir.
Ke esokan harinya gue pun masuk sekolah tanpa di marahi OSIS OSIS yang menyebalkan. Pembagian kelas pun dimulai sempet sih nyariin si kaka yang gue suka. Dan ahhh akhirnya ketemu hihi. Dia diem dibelakang sama para OSIS yang lain. Nama gue dipanggil akhirnya gue masuk kelas  X4. Dan dia dari belakang sana senyum sama gue. Aslii nge-FLY sekali.
Terus pas itu juga gue dituntun sama ka rama ke kelas X4 sayangnya dia gak  ikut tapi beberapa saat kemudian…. Triiiing dia datang kekelas gue diem didepan xoxoxo memandang deh… ehhh pas dia ada dikelas gue itu dia itu jadi pacar gue. Hampir  gue lupa, gue certain nih yah kenapa dia bisa nembak gue…

July, 15th 2011
Panorama alam subang emang gak kebayang apalagi yang buat gue gak kebayang itu pas pergi sama kaka kelas yang gue suka xixixi… menggelitik yah. Moment yang gakan gue lupain moment dimana moment itu saat saat dia nembak gue :”> shy men shy banget pipi gue merah banget meraaaah banget lah. Dia nembak kaya gini :
            “oh iya disini aja ya kita berhentinya, emm… de sebenernya aku tuh suka sama kamu, ade mau gak jadi pacar aku?”
Ajir inti banget dia ngomongnya gimana gue gak ragu buat jawabnya dan yang buat begonya itu gue malah jawab gini:
            “gak tau ya ka.. emmm…… aku boleh jawab ntar gak ka?”
Dijawab lagi sama dianya:
            “kapan ? kenapa?”
Gue jawab:
            “aku bingung ka, aku gak tau aku harus jawab apa, tar malem deh aku jawabnya ka gapapakan?”
Ajir bego banget gue jawab gituan bukannya to the point aja yaaa…
Malam pun datang. Akhirnya gue jawab pertanyaan dia dengan penuh semangat hihihi
            “aku mau jawab pertanyaan kaka yang tadi siang. Ka.. sebenernya aku juga suka sama kaka dari awal MOS aku udah suka sama kaka, jadi aku mau nerima kaka jadi pacar aku”
SUKSES gue pacaran sama kaka kelas kecengan pula J.
Dan hubungan ini masih berjalan hingga sekarang dan semoga sampai tua  yah aku ngejalanin hubungan ini hehehe. Meskipun menurut orang lain gue langgeng sama dia dan hubungan aku tanpa masalah. Dibalik semua itu gue udah pernah putus sama dia 2 kali kalau gak salah gue putus sama dia. Tapi sekarang masih nyaman aja gue sama dia,  semoga dia itu  yang terakhir.
Cinta cuman 5 huruf tapi banyak kisah yang tersimpan didalamnya dan sangat teramat penuh denngan makna yang tersembunyi dari ke5 huruf itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar