Sabtu, 16 Juni 2012

resensi novel "cinta itu 5 huruf" part 2


Disaat cinta Harus Di KorbanKan
Cinta bisa melekat sama siapa aja. Pernah liat cinta sejati? Pasti pernah lah. Cinta sejati tuh ngingetin gue sama romeo and Juliet film yang fenomenal banget dan buat gue liat filmnya aja sampe nangis. Haha lebay banget yah, pernah ngalamin kehilangan orang yang kalian cintai? Bukan diputusin tapi ditinggal pergi selamanya. Kalian tau rasanya sakit sama sedih sama rasa bercampur aduk deh pokoknya. Ketika gue punya pacar dulu gue itu sayang banget sama dia tapi dia harus ketemu sama Tuhan disana yap dia meninggal disaat gue sayang banget sama dia.
September, 11th yap itulah pertama kali gue kenal sama dia namanya Ryan, gue bisa kenal sama dia gara-gara temen gue fitra ngenalin gue sama Ryan. Ryan orangnya rame lucu and always make me happy disaat gue lagi cupu cupunya buat pacaran Ryan itu dewasa banget buat gue terkadang gue juga suka kagum sama dia gak tau karena dia emang lebih tua dari gue semaleman temen-temen gue termasuk Ryan ada dirumah gue main gitu deh. Ryan mainin gitar buat kita semua dia nyanyiin sebuah lagu yang buat telinga kita itu nyaman dia nyanyiin lagu dari Sheila on 7 yang judulnya itu aku
Taukah lagu yang kau suka taukah bintang yang kau sapa taukah rumah yang kau tuju itu aku
Suaranya indah banget. Sampai detik ini gue masih ngerasain suara dia saat nyanyi itu. Setiap gue denger lagunya Sheila on 7 gue inget sama dia malam pun menunjukan pukul 20.00 mereka pun pulang termasuk dia.
2 minggu berlalu gue pacaran sama dia September tanggal 19 gue jadian sama dia. Gue happy banget bisa sama dia meskipun kata temen-temen dia itu gampang marah tapi ditangan gue dia itu bener-bener buat hidup aku berwarna banget. Gue ngejalaninnya bener-bener deh.
Sampai waktu kita lagi nge-date dia tiba-tiba mimisan, lalu pingsan. Gue gak tau disitu gue harus gimana akhirnya gue manggil satpam sama pelayan rumah makan itu, dan kita pun bawa dia kerumah sakit dimasuk ke UGD, gue telpon papahnya, dan lalu papahnya datang dan bilang ke gue:
            “Ryan kenapa?”
Gue Jawab :
“ryan tiba-tiba pingsan om terus dia mimisan
Papahnya tiba-tiba aja nangis lalu dia nelpon mamah Ryan, tiba-tiba mamah ryan datang meluk papah ryan. Dan percakapan yang gue denger adalah
            “Ya Allah apakah ini takdir Ryan? Kenapa harus sekarang pah ?”
Dan hati kecil gue hanya bisa nangis lalu gue nanya sama mamah Ryan
            “Tante Ryan emangnya kenapa?”
Mamahnya Ryan:
            “Ryan terkena penyakit kanker di paru parunya”
Gue gak bisa jawab apa-apa dan yang gue lakuin cuman bisa nangis disitu. Mamahnya ryan meluk gue dan bilang
“kita doakan yang terbaik untuk ryan”
Dokter pun keluar dari UGD dan manggil keluarga ryan, gue gak tau mereka lagi bilang apa yang jelas mamahnya ryan cuman bilang gini sama gue “Ryan Koma”. Dan gue cuman bisa lari ke UGD buat bisa liat ryan yang terbaring koma disana. Banyak alat yang terpasang ditubuh ryan. Esoknya gue kerumah sakit buat ketemu ryan, gue harap sih dia udah sadar ternyata belum dia masih tertidur disana mamahnya ryan nangis dan sempet cerita ke gue
            “Ryan dulu sempat divonis kena kanker paru-paru masih stadium awal kita lakuin banyak therapy kita lakuin biar dia sembuh sampai waktu itu dokter bilang kankernya sudah hilang, tapi 5 bulan kemudian ryan jatuh pingsan di kamar mandi, kita bawa dia kerumah sakit lagi, dan dokter memvonis dia sakit kanker lagi, kita gak mau memberitahu ryan karena kita gak mau ryan kaya dulu, dia selalu menangis dikamar dan dia sempet mau mengakhiri hidupnya, tante gak tau harus gimana dan akhirnya tante menyembunyikan ini semua dan tante suruh ryan untuk terus berobat, semenjak ryan pacaran sama kamu, ryan selalu tertawa bahagia selalu bercerita tentang kamu ke tante.” Dan gue pun cuman bisa nangis meluk tante. Beberapa saat tante nangis liat Ryan, mamahnya Ryan pun nangis mengeluarkan air mata meskipun dia sedang koma. Mamahnya ryan sangat berharap ryan sadar begitu pun aku sangat berharap.
3 minggu berlalu ryan masih koma… dokter bilang
“kita pihak dokter takan pernah tau sampai kapan ryan sadar tapi yang kita butuhkan hanyalah keajaiban dari yang maha kuasa”
Yap ucapan dokter bener, kita hanya berdoa sama yang kuasa aja. Sampai 2 bulan kemudian ryan pun sadar dan kalimat  pertama yang dia ucapkan adalah nama gue!! Sempet gak percaya tapi emang semua itu benar dia manggil nama gue dan dia bilang “Jangan Tinggalin Gue sendirian” sambil megang tangan gue. orang mana yang gak terharu seorang kekasih yang baru sadar dari koma selama 2 bulan manggil nama kita that’s so make me cry men. Setelah seminggu dia sadar dari koma memang dia bener-bener keliatan lemah banget. Makan aja susah mau ke kamar kecil apa lagi. Gue cuman bisa ngehibur dia pada saat sore sampe malem karena pagi sampe siangnya gue sekolah. Dia bicara sama aku
“kalau suatu saat nanti aku pergi selamanya aku bakalan selalu ada didekat kamu, dan aku gak mau kamu nangis karena aku pergi, jangan nangis yah kamu tuh cewe cengeng yang manja, sikap dewasa yah aku ingin liat suatu saat nanti kamu bahagia sama pendamping kamu disana nanti”
Aku jawab dengan tegas
            “jangan pernah bicara seperti itu, aku tau kamu pasti bisa buat ngelawan penyakit kamu, karena aku tau kamu pantang menyerah, dan aku janji aku gakan cengeng karena cinta lagi dan gak akan manja lagi”
Dia pun ngusap air mata aku dan nyubit aku sambil bilang
            “tuhkan kamu cengeng lagi! Jangan nangis aku gak mau liat air mata kamu yang mahal itu jatuh ketanah kalau jatuh ke hati aku gak apa apa”
Dan gue cuman bisa jawab
            “ih kamu ryan J
sambil megang tangannya yang hangat, dan suasan disitu sangat hangat ryan pun mencium aku.

Ryan pun terlihat sehat, tapi dokter tidak mengizinkannya pulang, tapi ryan merengek ingin  pulang dan akhirnya dokter pun mengizinkannya pulang. Ryan pun berada dirumah, keluarga ryan senang dan gue pun senang. Sampai 2 hari berlalu ryan ngajakin gue buat makan malem sama keluarganya, gue terima ajakannya. Kita makan malam bersama. Suasana nya menyenangkan dan sangat buat aku senang.
Sampai waktu menunjukan pukul 20.15 gue diajak ryan ketaman belakang rumahnya disitu ryan nyanyiin lagu pertama kali kita ketemuan lagu itu lagu yang selalu buat aku tersenyum dan buat aku bahagia. Dia bawa gitarnya dan nyanyiin lagu Sheila on 7 yang “Itu aku”
Taukah lagu yang kau suka taukah bintang yang kau sapa taukah rumah yang kau tuju itu aku
Kitapun bernyanyi bersama sampai saat ketika ryan pun mencium gue lagi.
4 bulan kemudian penyakit ryan kambuh lagi dan dia pun dilarikan kerumah sakit lagi ryan pun koma lagi. Tapi ini sangat beda yang gue rasakan. Gue ngerasa bakalan kehilangan dia. Sampai 3 hari ryan di rawat dia pun sadar, tapi dia sadar berbicara sambil dia sangat sulit untuk bernafas
            “aku sayang sama kamu jangan nakal jangan cengeng jangan manja aku akan selalu jaga kamu meskipun nanti disana aku gak bisa nyentuh kamu lagi aku bakalan tetep sayang kamu banget dan selalu jaga disana sama Tuhan. Jaga diri kamu baik baik yah maafin Ryan, Ryan gak bisa nepatin janji kamu buat liat matahari tenggelam di pinggir pantai ryan bakalan liat kamu sama orang lain yang bisa nepatin janji itu ryan bakalan seneng dan tenang kalau ada seseorang yang bisa buat kamu senang ryan minta ingat selalu ryan yah, ryan seneng kamu ada di samping disaat saat terakhir ryan. Ryan Sa…yang….. Ka….”
            Ryan pun menghembuskan nafas terakhirnya. Gue nangis begitupun keluarganya ryan. Keesokannya ryan pun dimakamkan di bandung. Dan 3 bulan kemudian keluarga ryan pergi dari bandung ke medan dan mamahnya ryan bilang ke gue
            “jaga makam ryan tante harap kamu gakan pernah bosen untuk jagain nya”
Cinta yang penuh pengorbanan. Dan kini lagu itu tetap menjadi kenangan untuk gue, selamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar